Cara Daftar Eform BPUM BRI

cara daftar bantuan bpum

Cara Daftar Eform BPUM BRI

Baruketik.com – Masa pandemi ada banyak bantuan-bantuan dari pemerintah yang disalurkan kepada masyarakat. Salah satu bantuan itu adalah untuk para pemilik usaha mikro atau Badan Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM). BPUM adalah bantuan dari pemerintah untuk para pelaku usaha mikro. Bantuan ini bersifat hibah dan akan disalurkan kepada 12 juta pemilik UMKM. Di artikel ini akan admin jelaskan bagaimana cara daftar eform BPUM BRI.

Bantuan UMKM sebesar Rp 2,4 juta rupiah. Untuk melihatnya kalian login dahulu di eformbri.co.id/bpum untuk cek daftar penerima. Kalian bisa mengunakan Handphone ataupun komputer yang terkoneksi dengan internet. Jika sudah membuka link eformbri.co.id/bpum maka kalian akan menemukan tampilan eform bri adalah seperti gambar di bawah ini

cara daftar bantuan bpum

Jika sudah muncul tampilan seperti gambar di atas langkah yang harus dilakukan adalah :

Masukkan nomor KTP kalian yang sah di menu Nomor KTP

Masukkan kode verifikasi sesuai nomor dan huruf yang muncul di menu kode verifikasi

Klik Proses Inquiry

Cara Daftar Eform BPUM BRI

Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

bantuan bpum

Gambar tersebut adalah contoh penerima BPUM yang terverifikasi, artinya kalian mendapatkan bantuan BPUM UMKM sebanyak Rp 2,4 juta rupiah. Bantuan tersebut bisa langsung kalian cairkan di Bank BRI terdekat melalui custumer service di bank BRI. Kalian akan mendapatan buku tabungan baru yang sudah terisi saldo sebesar Rp 2,4 juta rupiah yang bisa langsung dicairkan.

Namun, bagi kalian yang mempunyai usaha mikro tetapi tidak terdaftar dan belum menerima bantuan BPUM sebanyak Rp 2,4 juta, bisa segera mendaftarkan melalui Kepala Dinas Koperasi Usaha Menengah (Kadiskop UKM) di Kota masing-masing.

cara-cek-batuan-bpum

Syarat bagi pelaku UMKM supaya mendapatkan bantuan BPUM UMKM yaitu

Harus Warga Negara Indonesia (WNI)

Memiliki KTP atau Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Memiliki usaha mikro (Usaha yang dimiliki)

Bukan ASN/ TNI Polri serta bukan pegawai BUMN/BPUD

Jika kalian pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha

Calon penerima bantuan BPUM Rp 2.4 juta rupiah harus diusulkan oleh lembaga pengusul Program Bantuan UKM. Jika kalian tidak memiliki usaha mikro maka tidak bisa mengikuti pendaftaran BPUM. Lembaga pengusul bantuan UMKM itu terdiri dari :

Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM

Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum

Kementrian atau Lembaga

Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK

Pengusul Bantuan UMKM akan menyampaikan usulan bantuan UMKM BPUM kepada penanggungjawab program Bantuan UMKM BPUM. Usulan calon penerima bantuan Rp 2,4 juta rupiah harus memenuhi syarat sebagai berikut :

Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Nama Lengkap

Alamat Temapat Tinggal sesuai KTP

Bidang Usaha

Nomor Telepon

Itulah informasi yang admin jelaskan bagi kalian yang belum faham bagaimana cara daftar eform BPUM BRI. Bagi kalian pelaku usaha mikro yang belum menerima bantuan ini bisa langsung bergerak agar bisa segera mendapatkan bantuan BPUM Rp 2,4 juta rupiah yang bisa dicairkan di Bank BRI terdekat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di baruketik.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *